Seberapa Mahal Rumah di Jakarta Pusat? Ini Faktanya!




Jakarta Pusat adalah salah satu kawasan di Jakarta yang memiliki biaya hidup yang cukup tinggi. Pasalnya, Jakarta Pusat merupakan kawasan yang ramai di Jakarta. Banyak pusat pemerintahan yang dibangun di kawasan Jakarta Pusat. Itulah mengapa harga rumah di Jakarta Pusat mahal. Cari rumah di pusat Jakarta Pusat itu cukup sulit. Anda harus benar-benar mengetahui budget yang Anda butuhkan.
Memiliki rumah di Jakarta mungkin hanya menjadi sebatas mimpi bagi sebagian orang. Harga rumah di kawasan Jakarta sangatlah tinggi. Belum lagi jika Anda memilih tipe perumahan elit. Harga yang Anda tanggung bisa saja mencapai 600 juta rupiah lebih, bahkan mencapai 1 miliar rupiah
Foto Ilustrasi
Mengapa Rumah di Jakarta Pusat Sangat Mahal?
Masyarakat biasanya mempertimbangkan dua hal penting dalam membeli sebuah rumah. Hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan adalah lokasi yang strategis. Berikutnya, masyarakat tentunya juga menginginkan harga rumah yang murah. Namun, apa mudah menemukan rumah yang seperti itu di Jakarta?
Akhirnya, para pengembang perumahan pun memanfaatkan antusiasme masyarakat Jakarta yang ingin memiliki rumah di Jakarta pusat dengan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah dengan menarik perhatian mereka untuk membeli rumah di Jakarta. Namun, banyak yang merasa keberatan dengan hal tersebut karena itu berarti rumah akan jauh dari tempat bekerja. Karena alasan tersebut, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan rumah kontrakan bahkan apartemen.
Jakarta yang notabene merupakan kota yang begitu elit di Indonesia membuat banyak orang pusing karena harga propertinya yang mungkin diluar batas Anda. Membeli rumah minimalis di Jakarta saja mahal, lalu bagaimana jika Anda ingin membeli rumah yang luas. Berikut ini beberapa hal yang menjadikan rumah di daerah Jakarta mahal.
1. Ibu kota dan Pusat pemerintahan
Hal pertama yang membuat rumah di Kawasan Jakarta Pusat tekenal mahal adalah karena merupakan pusat dari pemerintahan. Anda bisa melihat sendiri beberapa tempat yang paling berpengaruh terletak di kawasan Jakarta Pusat. Banyak didirikan tempat-tempat baru di Jakarta Pusat yang akan dijadikan untuk keperluan bagi pemerintah.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada harga-harga rumah dan tanah di sekitarnya. Harga rumah pun akan menjadi lebih mahal. Tidak hanya itu, infrastruktur di Jakarta Pusat juga selalu mendapatkan pembenahan terus menerus. Karena infrastrukturnya yang baru dan modern, maka harga bangunan di sekitarnya pun menjadi naik

2. Biaya hidup yang tinggi
Biaya hidup di Kota Jakarta Pusat sudah terkenal tinggi sejak lama. Bukan saja harga makanan yang mahal, namun harga sewa kos-kosan ataupun kontrakan juga sudah begitu mahal. Namun, UMR di Jakarta nyatanya memang sudah cukup tinggi mencapai 3,6 juta rupiah

Biaya kontrakan atau kos-kosan yang harus dibayarkan untuk setiap bulannya minimal adalah 750 ribu rupiah. Ini merupakan kategori kos-kosan yang standar. Jika harga sewa kos per bulannya saja sudah segitu mahalnya, bagaimana harga tanah di Jakarta Pusat?

3. Pusat Bisnis
Jakarta Pusat terkenal sebagai pusat bisnis yang menjanjikan. Inilah yang merupakan keunikan kota Jakarta dibandingkan dengan kota yang lain. Di berbagai negara mungkin Anda akan mendapati pusat bisnisnya tidak terletak di Ibukota negara tersebut

Banyak sekali orang-orang yang merantau dan berlalu lalang dari berbagai negara untuk mengadu nasib di Jakarta Pusat. Jika Anda berhasil mendapatkan pekerjaan yang mapan, Anda bisa segera mencari rumah yang Anda inginkan di daerah Jakarta Pusat. Namun rupanya, mau beli tanah atau rumah pun sama saja mahalnya Dipastikan Anda akan merogoh kocek yang lumayan dalam untuk membeli rumah di Jakarta Pusat.

4. Kota Metropolis
Sejatinya, kota metropolis adalah sebutan untuk sebuah kota yang memiliki penduduk yang sangat banyak jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Begitulah dengan Jakarta. Sebutan Kota Metropolis sudah melekat padanya sejak jaman dahulu. Kota ini tidak hanya dijadikan sebagai pusat bisnis, namun juga sebagai pusat perdagangan.

Jika populasi penduduk di suatu kota sangat banyak, otomatis biaya hidupnya pun juga tinggi. Permintaan rumah pun akan menjadi semakin melambung. Inilah yang menyebabkan harga rumah juga melambung dengan tinggi. Harga rumah di Jakarta semakin tinggi karena semakin banyak saja penduduk dari daerah lain yang datang merantau ke Jakarta

5.  Alasan prestise
Inilah alasan terakhir yang membuat rumah di Jakarta Pusat sangat tinggi. Prestise merupakan suatu rasa bangga yang dimiliki oleh seseorang karena berhasil tinggal dan memiliki rumah di Jakarta Pusat yang terkenal mahal. Akibatnya, harga rumah di Jakarta pun semakin menjadi-jadi.
Melihat harga rumah di Jakarta yang memang sangat mahal, Anda harus benar-benar mengencangkan ikat pinggang untuk berhasil membeli rumah di kota Metropolis ini. Namun jika Anda memang memiliki dana, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli rumah di kota Jakarta.
Tips Mencari Rumah Murah di Jakarta Pusat
Bagi Anda yang sedang berniat untuk mencari rumah yang murah di Jakarta, Anda Bisa menggunakan beberapa tips menarik berikut ini.
1. Carilah rumah di pinggiran kota
Tips pertama untuk mendapatkan rumah murah di Jakarta adalah dengan mencari rumah yang berlokasi di pinggiran kota. Rumah yang berlokasi di pinggiran kota Jakarta Pusat memang memiliki harga yang lebih murah. Tidak semua rumah di pinggiran jelek. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang ketersediaan rumah di Jakarta Pusat, khususnya di daerah pinggiran.
2. Carilah rumah tua
Dibandingkan dengan membeli rumah yang baru, membeli rumah yang tua merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk mendapatkan harga yang murah. Anda bisa mencari informasi tentang rumah tua yang sedang dijual. Setelah Anda berhasil membeli rumah tua, Anda bisa melakukan renovasi pada rumah tersebut.

Biasanya, rumah tua di Jakarta pun sudah banyak peminat. Apalagi jika rumah tua tersebut terletak di lokasi yang strategis. Oleh karena itu, Anda benar-benar harus mencari informasi dan berani bertindak dengan cepat. Setelah Anda mendapatkan informasi dan merasa tertarik, langsung saja beli dan jangan menunggu lama.

3. Rumah yang dilelang
Pelelangan rumah biasanya dilakukan oleh pihak bank. Anda bisa mencari informasi kepada pihak bank tentang rumah yang sedang di lelang. Pelelangan rumah akan membuat harga rumah menjadi murah. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan rumah dari pelelangan rumah yang dilakukan

4. Mencari penjual rumah yang membutuhkan dana
Biasanya, penjual rumah yang membutuhkan dana akan menjual rumahnya dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan niat Anda untuk membeli rumah kepada rekan atau keluarga Anda. Siapa tahu salah satu rekan atau keluarga Anda memiliki informasi menarik tentang rumah yang sedang dijual.
Bandingkanlah rumah-rumah yang telah Anda temukan dan pilihlah yang paling strategis dan yang paling cocok untuk Anda. Beberapa cara menarik di atas akan membantu Anda dalam menemukan rumah yang benar-benar murah. Pastikan Anda telah memilih rumah yang tepat untuk keluarga Anda di Jakarta Pusat.


Posting Komentar

0 Komentar