4 Cara Klaim Asuransi Prudential Kesehatan agar Tidak Ditolak




Bagaimana supaya klaim asuransi kesehatan tidak ditolak? Setidaknya ada 4 hal yang harus anda perhatikan. Sudah membayar premi mahal, bertahun-tahun pula, tapi saatnya klaim asuransi malah ditolak. Pihak asuransi tidak bisa mengganti karena berbagai alasan sehingga klaimnya gagal.



Biasanya banyak klaim ditolak karena pengajuan dan dokumen tidak sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam polis. Ketentuan dalam polis adalah landasan hukum yang wajib dipenuhi oleh pemegang polis dan perusahaan asuransi. Sayangnya, banyak peserta asuransi yang tidak membaca polis dengan baik.

Berikut poin penting dalam polis agar cara klaim asuransi prudential tidak ditolak.

  1. Masa tunggu klaim asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan mengharuskan adanya masa tunggu (grace period). Selama dalam masa tunggu, tertanggung tidak diperkenankan mengajukan klaim. Biasanya selama 30 hari atau 60 hari sejak polis disetujui.
Jadi, jika anda melakukan rawat inap di masa tunggu (grace period), maka klaim tidak akan diterima oleh asuransi. Pastikan anda mengerti berapa lama masa tunggu asuransi kesehatan tersebut untuk menghindari klaim yang ditolak.

     2. Bukan penyakit yang tidak diganti di tahun pertama

Cara klaim asuransi prudential kesehatan agar diterima, anda harus mengetahui penyakit apa saja yang bisa diklaim setelah masa tunggu 30 dan 60 hari dan mana saja yang tidak bisa. Beberapa penyakit memiliki masa tunggu lebih lama yakni 12 bulan. Bahkan pihak prudential mencantumkan 19 penyakit tertentu yang baru bisa diklaim setelah melewati 12 bulan sejak polis disetujui.

     3. Bukan pre-existing condition

Pengertian dari pre-existing condition adalah ketentuan asuransi kesehatan yang menyebutkan peserta menderita penyakit atau kondisi yang telah ada sebelumnya. Pihak asuransi tidak akan membayar apapun jika tertanggung memiliki pre-existing condition. Jadi, semua penyakit yang sudah diderita tertanggung sebelum polis asuransi kesehatan disetujui, tidak akan ditanggung oleh asuransi.

    4. Memenuhi syarat rawat inap

Untuk memenuhi syarat rawat inap, setidaknya rumah sakit dan klinik sesuai dengan yang ditetapkan pihak asuransi. Kemudian ada pula ketentuan yang menyebutkan berapa hari tertanggung harus masuk rawat inap yang bisa diajukan klaimnya. Ada asuransi yang mensyaratkan minimum 2 hari rawat inap baru bisa diklaim. Tetapi untuk asuransi Prudential sebaiknya anda membaca kembali ketentuannya.

Itulah ulasan mengenai 4 Cara Klaim Asuransi Prudential Kesehatan agar Tidak Ditolak. Selamat Mencoba. Terima Kasih

Posting Komentar

0 Komentar